Panduan Perancangan & Audit Sistem Zimbra Mail Server

Migrasi Server, openSUSE & SLES, Tips, Tricks & TutorialNo Comments

Instalasi mail server sebenarnya relatif mudah kalau kita sudah memahami caranya (yaaaaa iyaaaaaa lah, semua orang juga tahu, gak penting banget sih ngomong gini, hehehe… Jangan sewot boss…). Yang jadi persoalan adalah, banyak masalah yang timbul saat mail server dioperasikan karena perencanaan yang tidak tepat, atau malah tidak direncanakan sama sekali.

Sebagaimana berbagai project lainnya, perencanaan dan perancangan sistem yang baik akan meminimalkan kesalahan saat sistem mail server dioperasikan. Sebagai admin, kita memang bukan dukun yang weruh sakdurunge winarah alias tahu sebelum kejadian sebenarnya terjadi (Nyolong istilah itu setelah baca-baca bukunya pak Suparto Brata, hehehe…), namun dengan perancangan sistem yang baik paling tidak kita bisa mengurangi kemungkinan penyimpangan dan masalah ke tingkat yang minimal.

Berikut adalah link untuk melakukan download file PDF berisi panduan perancangan sistem yang bisa juga digunakan untuk mengaudit instalasi sistem Zimbra Mail Server yang sudah dilakukan. Tutorial ini merupakan bagian dari dokumentasi internal yang saya gunakan pada berbagai klien yang menggunakan layanan Excellent Infotama Kreasindo.

Susunan materi memang belum rapi sesuai kategori namun mudah-mudahan tetap dapat bermanfaat bagi rekan-rekan yang berniat melakukan implementasi mail server, baik menggunakan Zimbra Collaboration Suite maupun menggunakan sistem mail server lainnya.

Silakan Download : Panduan Perancangan & Audit Sistem Zimbra Mail Server , semoga bermanfaat.

Klik untuk Download Panduan

Tutorial lain yang mungkin bermanfaat : http://vavai.com/category/download/

About the author:

Masim Vavai Sugianto, Tinggal di Bekasi, Bekerja sebagai wirausahawan/Konsultan IT. Penganjur penggunaan sistem Linux dan aplikasi Open Source. Hobby Membaca, Hiking dan Avonturir. Mengembangkan PT. Excellent Infotama Kreasindo sebagai lembaga training dan IT consulting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Top