Cara Cepat Menghapus Isi Mailbox User Tertentu pada Zimbra Mail Server

Debian/Ubuntu Family, Migrasi Server, openSUSE & SLES, RedHat Family, Tips, Tricks & Tutorial10 Comments

Pada kondisi tertentu, ada kalanya kita ingin mengosongkan isi suatu mailbox di Zimbra Mail Server, misalnya isi mailbox admin yang terlalu penuh karena dijadikan tempat penampungan sementara 😀 . Seorang admin biasanya memiliki 1 email tertentu yang dijadikan sebagai mailbox testing, meski tidak semua admin berperilaku demikian (Admin juga manusia, bisa sama bisa beda, hehehe…).

Menghapus isi email melalui webmail akan membutuhkan waktu, apalagi jika kapasitasnya sudah > 1 GB yang berarti ada sekian ribu atau puluh ribu email. Tangan bisa kesemutan kalau harus berpindah dari page ke page hanya untuk menghapus isi mailbox yang terlampau besar.

Zimbra menyediakan CLI (Command Line Interface) yang bisa digunakan untuk melakukan hal ini. Perintahnya juga sangat mudah dipahami, yaitu :

[code language=’cpp’]
su – zimbra
zmmailbox -z -m vavai@vavai.com emptyFolder /Inbox
[/code]

Kita bisa mengganti vavai@vavai.com dengan account yang kita inginkan dan /Inbox dengan folder yang diinginkan. Harap berhati-hati jangan menyalahgunakan perintah ini karena email yang terhapus tidak dapat dikembalikan lagi. Lakukan dengan cermat dan hati-hati.

About the author:

Masim Vavai Sugianto, Tinggal di Bekasi, Bekerja sebagai wirausahawan/Konsultan IT. Penganjur penggunaan sistem Linux dan aplikasi Open Source. Hobby Membaca, Hiking dan Avonturir. Mengembangkan PT. Excellent Infotama Kreasindo sebagai lembaga training dan IT consulting.

10 thoughts to “Cara Cepat Menghapus Isi Mailbox User Tertentu pada Zimbra Mail Server”

  1. @Dedhi,

    1. Saya bukan ingin menghapus mailbox melainkan menghapus isi salah satu folder di mailbox

    2. Zimbra memisahkan raw data dengan body/message email, juga dengan identitas accountnya jadi modelnya bukan mbx or maildir.

  2. mas, bagaimana caranya menghapus isi mailbox yang waktu pengiriman lebih dari tanggal tertentu, misal isi mailbox yang lebih dari 1 minggu…?
    terimakasih..

  3. 1. kalo sudah di hapus “zmmailbox -z -m vavai@vavai.com emptyFolder” apakah capacity inbox usernya langsung kosong..? karena ada kasus, ketika inbox user dihapus oleh user sendiri, tetapi capacitynya masih tetap (inbox msh full)

    2. Apakah “zmmailbox -z -m vavai@vavai.com emptyFolder” akan menghapus Document yang dibuat..?

    Thanks before

  4. Mas Vavai,
    kalo misalnya pengin ngehapus isi mailbox, tapi dengan kondisi, misalnya yang received-nya tahun 1500SM ato gimana gitu, bisa juga gak ya? jadi gak semua mail yang masuk terhapus, hanya yang sesuai dengan keinginan aja..
    heheheh maksudnya punya script-nya juga gak?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Top