Solved : Klien Windows 98 & Share Folder Samba PDC+OpenLDAP pada SLES/openSUSE

Migrasi Server, openSUSE & SLES, Tips, Tricks & TutorialNo Comments

Sesuai tulisan saya kemarin, hari ini pihak klien menelpon bahwa server SUSE Linux Enterprise Server 11 SP1 64 bit yang disetup sudah diujicoba untuk dijalankan. Secara umum berjalan sesuai rencana namun ternyata ada satu masalah, yaitu salah satu komputer klien berbasis Windows 98 tidak dapat mapping share folder Samba dengan baik. Akses share folder berjalan normal namun tiap kali memasukkan user name dan password untuk authentikasi share folder, user dan password tersebut selalu ditolak.

Kebetulan waktu setup kemarin saya hanya sempat testing akses mapping folder menggunakan komputer berbasis Windows XP. Tidak ada komputer berbasis Windows 98, sedangkan di kantor klien, Windows 98 ini justru merupakan komputer yang menjadi tempat bagi aplikasi utama yang digunakan di perusahaan.

Setelah browsing ke beberapa sumber via Google, akhirnya masalahnya bisa solved dengan menambahkan beberapa opsi kedalam file konfigurasi /etc/samba/smb.conf, yaitu dengan menambahkan baris berikut ke bagian [global] di dalam /etc/samba/smb.conf :

[code language=’cpp’]
map to guest = bad user
client lanman auth = yes
lanman auth = yes
[/code]

Setelah opsi diatas ditambahkan dan kemudian melakukan restart service Samba, komputer Windows 98 dapat mengakses dan melakukan mapping folder dengan baik.

About the author:

Masim Vavai Sugianto, Tinggal di Bekasi, Bekerja sebagai wirausahawan/Konsultan IT. Penganjur penggunaan sistem Linux dan aplikasi Open Source. Hobby Membaca, Hiking dan Avonturir. Mengembangkan PT. Excellent Infotama Kreasindo sebagai lembaga training dan IT consulting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top