Upgrade ke WordPress 3.0

Wordpress8 Comments


Hari ini saya menyempatkan diri melakukan upgrade engine blog ke WordPress versi 3.0. Sebelum upgrade, saya melakukan backup isi blog, besarnya sekitar 800 MB dan dikompress menjadi 400 MB. Hmmmh, besar juga ya, itu isinya apa saja ya ?? 😛

Proses upgrade berlangsung singkat dan sederhana, menggunakan menu upgrade online yang ada pada bagian dashboard blog. Mungkin hanya butuh waktu beberapa detik.

Saya check ulang, tampilan website tetap terjaga dan tidak ada yang aneh-aneh. Saya menggunakan themes BlogNews dari Gabfire dan proses upgrade tidak menimbulkan hal yang tidak diinginkan. Semua plugin berjalan normal dan tidak perlu ada customize apa-apa. Saya memang mendengar ada juga pengguna WordPress yang tampilan website-nya berubah karena ada plugin yang tidak compatible atau deprecated namun hal tersebut tidak terjadi pada blog yang saya gunakan.

Jika ada rekan-rekan yang mengalami problem tampilan saat melakukan upgrade ke WordPress 3.0, coba check ulang plugin-plugin yang diaktifkan, mungkin ada yang tidak cocok dengan WordPress 3.0.

Hal berikutnya yang akan saya lakukan adalah melakukan upgrade themes. Kemarin saya mendapat notifikasi di email bahwa themes yang saya gunakan sudah tersedia versi update-nya yang memudahkan proses customize tampilan. Saya akan mengujicobanya dalam minggu ini.

Bagaimana dengan anda ? Sudah upgrade ke versi 3.0 atau masih betah dengan versi 2.x.x ?

About the author:

Masim Vavai Sugianto, Tinggal di Bekasi, Bekerja sebagai wirausahawan/Konsultan IT. Penganjur penggunaan sistem Linux dan aplikasi Open Source. Hobby Membaca, Hiking dan Avonturir. Mengembangkan PT. Excellent Infotama Kreasindo sebagai lembaga training dan IT consulting.

8 thoughts to “Upgrade ke WordPress 3.0”

  1. Saya masih pakai wordpress 2.3 yang berwarna biru itu, mungkin jarak rilisnya udah hampir tiga tahunan. Saya kurang suka dengan wordpress yang baru karena terkesan terlalu penuh dan terlalu banyak fitur.

  2. punyaku juga baru ja apdet.. tapi kayaknya da yang berubah di dashboard nya jadi ndak ada tools gears nya yah gan.. ada yang salahkah atau ???

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top