Zimbra 6.0.6.1 pada SLES 11 64 bit Service Pack 1

Migrasi Server, openSUSE & SLES, Tips, Tricks & TutorialNo Comments

Kemarin saya selesai melakukan download file ISO SUSE Linux Enterprise 11 Service Pack 1 yang dirilis beberapa hari yang lalu. SLES 11 SP1 ini memuat beberapa bug fixes, misalnya bug pada bind (aplikasi DNS Server), update aplikasi baru (misalnya Xen Hypervisor sudah menyediakan menu migrate dan diupdate ke versi terbaru) serta menyediakan aplikasi tambahan seperti introduksi virtualization KVM.

Saya mengujicoba SLES 11 SP1 di dalam Xen Hypervisor openSUSE 11.2, keduanya berjalan pada mesin 64 bit IBM Server X Series. Instalasi berjalan normal sebagaimana mestinya, kemudian saya lanjutkan dengan instalasi Zimbra Mail Server versi 6.0.6.1 64 bit. Proses instalasi juga berjalan dengan baik, lebih cepat dan saya rasakan lebih responsif dibandingkan SLES 11 tanpa service pack yang memiliki konfigurasi yang sama dan berada pada mesin yang sama.

Panduan instalasi Zimbra 6.0.6.1 pada SLES 11 SP1 bisa merujuk pada artikel : Instalasi Zimbra 6.0.6 pada SUSE Linux Enterprise Server (SLES) 11 64 bi

Bagi rekan-rekan yang memiliki mesin 64 bit dan ingin melakukan instalasi Zimbra Mail Server, SLES 11 SP1 ini bisa menjadi salah satu pilihan terbaik. SLES 11 SP1 dapat digunakan secara free jika kita tidak membutuhkan layanan support berbayar dari Novell. Untuk update aplikasi kita bisa menggunakan layanan repository online pada openSUSE Build Service.

SLES 11 memiliki masa lifetime selama 7 tahun sehingga feasible untuk digunakan dilingkungan kantor yang membutuhkan stabilitas sistem yang handal.

About the author:

Masim Vavai Sugianto, Tinggal di Bekasi, Bekerja sebagai wirausahawan/Konsultan IT. Penganjur penggunaan sistem Linux dan aplikasi Open Source. Hobby Membaca, Hiking dan Avonturir. Mengembangkan PT. Excellent Infotama Kreasindo sebagai lembaga training dan IT consulting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Top