Zimbra Mail Server & Apache Web Server Seiring Sejalan

Debian/Ubuntu Family, Migrasi Server, openSUSE & SLES, RedHat Family, Tips, Tricks & Tutorial6 Comments

Secara default, Zimbra mail server menggunakan port 80 untuk akses webmail. Port yang sama biasanya digunakan oleh Apache web server. Atas alasan ini, web server Apache tidak disarankan diinstall pada sistem dimana Zimbra mail server berada, karena akan menimbulkan port conflict.

Bagaimana jika kita hanya punya 1 IP public dan ingin keduanya bisa diakses tanpa harus menggunakan port untuk alamat URL-nya (misalnya http://vavai.com:81 untuk mengakses webmail yang dipindahkan ke port 81).

Jika demikian halnya, pilihan yang paling memungkinkan adalah mengarahkan Zimbra untuk menggunakan port SSL sedangkan Apache menggunakan port standar. Ini berarti, Zimbra diakses menggunakan alamat https://namadomain.com (menggunakan port SSL 443) sedangkan Apache menggunakan alamat http://namadomain.com pada port standard 80.

Untuk mengubah Zimbra agar menggunakan port SSL langkahnya sangat mudah, yaitu :

[code language=’cpp’]
su – zimbra
zmtlsctl https
zmcontrol stop
zmcontrol start
[/code]

Selain pilihan diatas, kita dapat juga menggunakan alternatif lainnya, namun dari sisi kemudahan maintenance, langkah diatas jauh lebih sederhana dan mudah dikelola.

Referensi :

  1. Zimbra Apache
  2. Zmtlsctl

About the author:

Masim Vavai Sugianto, Tinggal di Bekasi, Bekerja sebagai wirausahawan/Konsultan IT. Penganjur penggunaan sistem Linux dan aplikasi Open Source. Hobby Membaca, Hiking dan Avonturir. Mengembangkan PT. Excellent Infotama Kreasindo sebagai lembaga training dan IT consulting.

6 thoughts to “Zimbra Mail Server & Apache Web Server Seiring Sejalan”

  1. Zimbra masih pakai Tomcat gak mas? Kalo masih pakai, bisa dipasang di port lain, misalnya 81, trus Apachenya dikonfig untuk memforward request ke Tomcat.

    Forwardnya ada 2 cara : mod_jk dan mod_proxy.
    Perbandingan mana yang lebih bagus ada di sini.

    Tutorial setup mod_jk ada di sini

    Dan konon katanya, ada teknik yang lebih baru yaitu mod_proxy_ajp

  2. @Endy,
    Thanks buat insight-nya mas,

    Zimbra sejak versi 5.x.x pakai Apache Jetty, nggak pakai Tomcat. Apache memang bisa diforward tapi kalau nanti upgrade Zimbra, setting2 terkait harus di resetting, itu sebabnya saya lebih prefer pakai https dan https untuk mengurangi pekerjaan setelah upgrade.

  3. maaf pak..saya dah mengikuti petunjuk instal zimbra..sewaktu di zmcontrol start semua done, tapi di zmcontrol status kenapa
    mailbox Stopped
    zmmailboxdctl is not running.

    saya cek apache dah off padahal…letak kesalahan saya ada dimana ya pak ?
    mohon pencerahannya.

    Terima Kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top