Beware : Masalah Kecil Saat Instalasi Zimbra

Migrasi Server, openSUSE & SLES, Tips, Tricks & Tutorial2 Comments

Saya pernah mendapat pertanyaan via email dari salah seorang rekan yang mencoba instalasi Zimbra mail server namun gagal maning-gagal maning 🙂 . Setelah bolak-balik bertanya baru deh ketahuan masalah utamanya. Masalah kecil tapi tidak terdeteksi 🙂

Apa masalahnya ? Masalahnya adalah, ia membuat user name default dengan nama zimbra pada waktu proses installasi sistem operasi. Ini artinya, ada user dengan nama zimbra dan memiliki folder di /home/zimbra. Hal ini menjadi sumber kegagalan instalasi Zimbra karena user name zimbra digunakan oleh Zimbra mail server untuk keperluannya sendiri dan user name zimbra diset tidak memiliki home folder.

Jadi jika anda berencana melakukan instalasi Zimbra, jangan membuat user name dengan nama zimbra. Buat saja nama user yang lain, yang bukan merupakan nama-nama khas milik system.

About the author:

Masim Vavai Sugianto, Tinggal di Bekasi, Bekerja sebagai wirausahawan/Konsultan IT. Penganjur penggunaan sistem Linux dan aplikasi Open Source. Hobby Membaca, Hiking dan Avonturir. Mengembangkan PT. Excellent Infotama Kreasindo sebagai lembaga training dan IT consulting.

2 thoughts to “Beware : Masalah Kecil Saat Instalasi Zimbra”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top