Tutorial Instalasi openSUSE 11.2 Versi Server Berbasis GUI

Download, Migrasi Desktop, Migrasi Server, openSUSE & SLES, Tips, Tricks & Tutorial8 Comments

Sesuai janji saya bulan Januari 2010 lalu 🙂 , akhirnya saya bisa menyelesaikan pembuatan tutorial instalasi dan konfigurasi openSUSE 11.2, khususnya untuk penggunaan server.

Tutorial sejenis pernah saya buat sebelumnya menggunakan basis openSUSE 11.0, namun proses instalasinya tidak diterangkan secara terperinci. Untuk tutorial kali ini, saya berusaha memberikan keterangan secara detail, baik berdasarkan pertimbangan teknis maupun atas dasar pengalaman pribadi dalam menerapkan sistem Linux server berbasis openSUSE di kantor.

Tutorial ini sudah digunakan oleh para peserta Training Virtualisasi, Clustering & Linux High Availability, 20-21 Maret 2010.  Saya modifikasi sedikit agar lebih mudah dipahami dan akan segera dilengkapi dengan panduan-panduan berikutnya. Nantinya, tutorial ini akan menjadi basis sistem bagi panduan dan tutorial yang saya buat berikutnya.

Harapannya, akan semakin banyak para pengguna Linux server yang dimudahkan jalan hidupnya dalam mengelola server, sebagaimana halnya saya pernah dan masih dipermudah melalui tutorial yang dibuat oleh orang lain.

Bagi rekan-rekan yang ingin menggunakan tutorial ini, silakan download : Tutorial Instalasi openSUSE 11.2 Versi Server Berbasis GUI.

About the author:

Masim Vavai Sugianto, Tinggal di Bekasi, Bekerja sebagai wirausahawan/Konsultan IT. Penganjur penggunaan sistem Linux dan aplikasi Open Source. Hobby Membaca, Hiking dan Avonturir. Mengembangkan PT. Excellent Infotama Kreasindo sebagai lembaga training dan IT consulting.

8 thoughts to “Tutorial Instalasi openSUSE 11.2 Versi Server Berbasis GUI”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top