LinuxMint 8 Helena & Kemudahan Update Driver Proprietary

Debian/Ubuntu Family, Migrasi Desktop, Migrasi Hardware1 Comment

Pada distro Linux openSUSE, saya terbiasa menggunakan fasilitas One-Click-Install dari openSUSE Build Service untuk melakukan instalasi paket aplikasi atau driver secara mudah. Fasilitas One-Click-Install ini memberikan kemudahan bagi saya, misalnya jika ingin melakukan instalasi paket driver proprietary Nvidia atau ATI.

Driver-driver proprietary tersebut tidak bisa disertakan secara langsung pada distro Linux karena lisensinya tidak memperbolehkan bundel oleh sebuah distro, kecuali mau membayar biaya lisensi distribusi. Disisi lain, lisensi tersebut membolehkan penggunaan driver secara personal. Itu sebabnya, diantara sekian banyak distro, hanya distro-distro yang memiliki lisensi komersil yang sudah menyertakannya, seperti SUSE Linux Enterprise Desktop, karena untuk keperluan bundling, Novell sudah membayar biaya lisensinya pada NVIDIA atau ATI.

LinuxMint 8 “Helena” memiliki fasilitas yang mirip dengan yang dilakukan oleh openSUSE dalam mempermudah proses instalasi driver, yaitu dengan menyediakan menu deteksi driver proprietary seperti pada screenshot berikut ini :

Gambar 1 : Deteksi Hardware Driver pada LinuxMint 8 "Helena"
Gambar 2 : Hasil Deteksi Driver Proprietary pada LinuxMint 8 "Helena"

Proses instalasi langsung dilakukan dengan mengakses repository Nvidia pada repo online. Setelah proses instalasi, pengubahan resolusi layar dapat dilakukan dengan mudah dengan munculnya berbagai macam pilihan.

Kerja keras para developer Linux dalam mempermudah proses deteksi hardware ini patut dihargai karena alih-alih mengeluh soal ketiadaan driver, atau halangan driver, atau soal istilah user friendly atau tidak, atau sekedar jengkel karena para vendor hanya menyediakan driver untuk Windows, mereka langsung mengadakan action dalam bentuk kemudahan pengenalan hardware secara mudah dan dengan kualitas yang lebih baik.

Dalam banyak kesempatan, saya malah lebih sering menemukan distro Linux yang mampu mendeteksi hardware dengan baik tanpa perlu melakukan instalasi driver terlebih dahulu, atau tanpa melakukan restart terlebih dahulu.

About the author:

Masim Vavai Sugianto, Tinggal di Bekasi, Bekerja sebagai wirausahawan/Konsultan IT. Penganjur penggunaan sistem Linux dan aplikasi Open Source. Hobby Membaca, Hiking dan Avonturir. Mengembangkan PT. Excellent Infotama Kreasindo sebagai lembaga training dan IT consulting.

One thought to “LinuxMint 8 Helena & Kemudahan Update Driver Proprietary”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top